Abd. Hannan


ABD. HANNAN, lahir di Pamekasan Madura Jawa Timur. Pendidikan dasarnya di tempuh di SDN IV Palengaan Daja, kemudian melanjutkan sekolah menengah pertama di MTs Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan, Pamekasan. Sekolah menangah atasnya dia tempuh di Madrasah Aliyah (sekelas SMA) Wachid Hasyim Palengaan, Pamekasan.

Selesai dari sekolah madrasah aliyah, dirinya langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, tepatnya di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, pada jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Berhasil menyelesakan pendidikan sarjana pada tahun 2014. Kemudian melanjutkan ke startra dua (S2) Pascasarjana di Universitas Airlangga Surabaya, pada departemen Master Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Universitas Airlangga Surabaya. Lulus tahun 2017 lalu.

Selama menjalani peran dan status sebagai seorang mahasiswa, dirinya memilih menyibukkan diri dengan berkarya. Khususnya, dalam dunia kepenulisan. Tercatat, beberapa tulisan ‘sederhana’ telah ia hasilkan. Buku berjudul Let’s Be Success (motivasi keislaman) adalah buku pertama yang berhasil terbit semenjak dirinya masih duduk di bangku SMA. Serta beberapa tulisan dalam bentuk artikel populer dan esai di banyak media, seperti Jawa Pos, Sinar Harapan, Koran Jakarta, Geo Times, Warta Kota, Suara Karya, Harian Analisa, Solo Pos, Radar Surabaya, Malang Pos, Lampung Post, dan beberapa media lokal lainnya.

Gagasan dirinya tentang Parawisata Madura Berbasis Nilai Sosial Kultural dan Kearifan Lokal adalah bentuk konsistensi dan komitmen dirinya untuk ikut ‘turun tangan’ membangun Madura. Harapan besarnya, semoga tulisan sederhana ini menularkan kebermanfaatan bagi pengembangan dan kemajuan Madura ke depan. Khususnya, dalam pengembangan sector kepariwasataan di daerah setempat.

Kini di tengah kesibukannya menulis, mengajar ilmu-ilmu sosial pada Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA), Parenduan Sumenep Madura.