Fendi Chovi


FENDI CHOVI, lahir di Sumenep Madura Jawa Timur. Alumnus Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan. Menyukai dunia tulis-menulis dan jurnalistik. Sejak nyantri di Nirmala (Kini, Lubangsa Utara) Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, berkesempatan aktif dan mengikuti KIR dan sejumlah workshop seputar literasi.

Saat menjadi mahasiswa, pernah aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Fotografi dan Jurnalistik (Fanatik) dan di Komunitas Blogger Plat-M, Madura dan Young Interfaith Peacemaker Community Indonesia (YIPCI).

Pernah terpilih mengikuti workshop Pers Kampus “Mewartakan Isu Keberagaman” sebagai fellowship SEJUK pada 4-6 Juni 2015, Hotel Pandanaran, Yogyakarta, atas inisiatif Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SEJUK) kerja sama dengan Friedrich Nauman Stiftung Fur Die Freinheit (FNF), melibatkan AJI (Aliansi Jurnalis untuk Keberagaman), Yogyakarta

Fendi juga pernah mengikuti  Diversity Youth Camp (DYC) and Training of Trainer Conflict Transformation yang diselenggarakan oleh StaraMuda kerja sama dengan kedutaan Jerman, PKPD Tebuireng, GKJW Mojowarno, GARUDA Malang dan Remas Mojowarno, di Mahavihara Majapahit,Trowulan Mojokerto, Jawa Timur tgl 19-21 September 2014.

Pernah menghadiri ajang kopdar antar blogger di tanah air, mulai Blogger Nusantara (2012), ASEAN Blogger Festival (2013) dan jumpa komunitas blogger di regional Jawa Timur.

Sejumlah tulisan-tulisannya, baik reportase dan esai dimuat di beberapa media cetak dan online. Saat ini tinggal di salah satu desa di Dungkek dan bergiat literasi dengan Ikatan Alumni Annuqayah Dungkek.

Buku reportasenya terkumpul dalam antologi, “Inilah Cipo” (2017).