Kota Kata, Kota Baru

Kota adalah simpul peradaban. Pusat segala penanda peradaban umat manusia.

Proses panjang kehidupan yang tak sederhana. Dari zaman pra sejarah sampai manusia mengenal dunia tulis-menulis. Penanda zaman baru, yang kemudian dikenal zaman sejarah. Menjadikan manusia terus berusaha mendayakan semua yang dimiliki, untuk mempermudah dan memaknai kehidupannya lebih utuh.

Kota di mana pun, selalu menjadi penanda penting peradaban manusia di dalamnya.

Dalam sejarah Yunani Kuno, kita mengenal kata polis, istilah untuk kota, sebagai penanda peradaban penting di Yunani masa itu. Athena adalah salah satu polis yang paling masyhur. Tempat tumbuh dan kerkembangnya tradisi filsafat Socrates, Plato, dan Aristoteles. Ketiganya memberikan sumbangsih besar bagi peradaban umat manusia.

Dalam tradisi Islam, kita mengenal Madinah sebagai Kota Nabi Muhammad SAW. Kota yang bercahaya (Madinah al-munawwarah). Madinah menjadi tonggak sejarah penting dalam perjalanan umat Islam. Dari Madinah nabi membangun tatanan masyarakat yang berkeadaban. Keragaman suku, tradisi, dan bahkan agama tak menjadi penghalang bagi upaya pembangunan kehidupan bersama yang lebih bermakna.

Dalam sejarah Indonesia, kota memimiliki makna yang sangat penting. Sebut saja Jakarta. Jakarta adalah kota tempat pertama kali kedaulatan Republik Indonesia diproklamirkan pada 17 Agustus 1945. Jakarta adalah simpul peradaban dan pusat segalanya tentang keindonesiaan dibangun. Sampai sekarang Jakarta adalah kota untuk melihat Indonesia dari dekat.

– – –

kotakata.id adalah ikhtiar bersama untuk menghadirkan Kota Kata, Kota Baru.

Kota Kata, adalah kota kata-kata. Kata adalah simpul pertama yang menghadirkan peradaban kota. Kata menyimpan makna sangat dalam. Tanpa kata, kota tak bakal ada.

kotakata.id adalah pusat analisis dari berbagai tema dan ragam perspektif.

kotakata.id hadir di tengah padatnya kesibukan masyarakat kota—masyarakat masyarakat digital, sebagai sumber bacaan singkat, renyah, dan jernih untuk melihat kembali tatanan kehidupan kita dari beragam aspeknya, politik, ekonomi, sosial, agama, hukum, pendidikan, dan budaya.

Kota Baru, adalah kota yang baru. Sebuah bayangan tentang hadirnya kota politik, kota ekonomi, kota sosial, kota agama, kota hukum, kota pendidikan, dan kota budaya. Kota baru, tempat tinggal yang nyaman untuk semua.

kotakata.id hadir untuk menyemai kembali naluri kemanusian kita yang semakin ringkih di tengah padatnya hiruk-pikuk segala aspek kehidupan kota.

kotakata.id adalah tempat merayakan kemanusiaan kita yang sesungguhnya.

kotakata.id

kotakata.id

Redaksi kotakata.id: portal analisis isu-isu aktual, populer, dan krusial.