Mukhammad Ichwanul Arifin


MUKHAMMAD ICHWANUL ARIFIN,  
lahir di Surabaya. Anak ketiga dari empat bersaudara dan lahir dari pasangan Alm. M. Fadelan Zain dan Alm. Eni Soejati ini menamatkan pendidikan S1 pada Jurusan Akidah Filsafat yang kini berubah menjadi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Ampel Surabaya (lulus Maret 2017).

Ichwan, sapaan akrabnya ini aktif sebagai kader di Jam’iyyah ad-Diniyyah wa Ijtima’iyah Nahdlatul Ulama Kota Surabaya sebagai pengurus harian di Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kota Surabaya masa khidmat 2017-2019.

Selain itu, pria yang juga hobi di dunia tarik suara tersebut gandrung dengan kajian-kajian Tasawuf. Hampir semua buku-buku atau kitab-kitab yang dimilikinya bergenre tasawuf. Tidak hanya itu, hari-hari yang ia lewati selalu sisakan sedikit waktunya untuk belajar Tasawuf pada seorang guru. Tokoh yang menjadi idolanya saat ini ialah Candra Malik, seorang budayawan Sufi yang menggeluti dunia yang sama.

Skripsinya yang berjudul “Konsep Insan Kamil Perspektif Muhammad Iqbal dalam Menanggulangi Radikalisme Islam di Indonesia” pernah masuk Top 20 besar pada program beasiswa skripsi yang diselenggarakan oleh Mizan di tahun 2017.

Berbagai tulisannya dapat dijumpai di NU Online, Lensa Nasional, dan media yang lain. Selain itu, tulisannya yang lain dapat dikunjungi di blog pribadinya Coretan Ichwan.