Selebriti dan Edukasi Anti Narkoba

Penjara tak selalu membuat jera para penghuninya. Terlebih penjara narkoba, banyak kasus justru memperlihatkan bahwa lewat penjara, narkoba bisa bergerak lebih leluasa melalui jalur uang alias sogokan. Sogokan ini tak hanya untuk sipir, tapi juga kepala rutan.

Hal ini yang kemudian membuat para korban yang terjerat kasus narkoba seperti tak bisa lari dan semakin bergantung pada obat setan ini.

Kabar penangkapan Jennifer Dunn karena kasus narkoba menambah deretan artis yang tertangkap karena kasus narkoba. Sebelumnya, kita tahu Ridho Rhoma turut serta menjadi tersangka karena kasus serupa. Para artis ini lebih rentan terkena gangguan jiwa dan stress berat tanpa dukungan keluarga, saudara, dan teman-teman mereka.

Biasanya, mereka para teman-teman yang belum terkena kasus itu, merasa perlu menjauh karena takut terkena kasus serupa. Akan tetapi dukungan moral tetap saja diperlukan agar mereka tabah dan mampu keluar dari jerat ketergantungan narkoba.

Selain dukungan, mereka perlu pengawasan agar bisa terlindung dari bujukan dan rayuan para bandar yang lebih besar. Bahkan banyak pula para selebriti ini stress karena ancaman bandar narkoba bila ia keluar dari penjara.

Proses edukasi bagi para artis untuk menjauhi narkoba tak semudah teori. Mereka memiliki harta yang cukup, kemewahan yang lebih, hingga keinginan yang serba mudah terpenuhi.

Narkoba bukan hanya menjadi godaan, tapi juga menjadi barang yang mudah untuk ditawarkan kepada selebriti. Selain lebih mengurangi efek kejahatan beruntun yang membuat para bandar mudah diketahui, para selebriti biasanya lebih mudah membayar barang haram itu.

Penting kiranya melalui organisasi artis yang ada, pemerintah bisa lebih memberikan edukasi kepada mereka. Edukasi ini bukan hanya untuk mencegah terjadinya deretan kasus artis yang terkena narkoba, tapi juga sebagai sarana agar melibatkan mereka berperan lebih jauh untuk mengedukasi masyarakat.

Melalui para penggemar mereka, artis bisa dijadikan sebagai sosok publik figur dan penggerak garda depan untuk mengajak masyarakat melawan narkoba. Semoga.

Arif Yudistira

Arif Yudistira

Pendidik di SMK Kesehatan Citra Medika, pernah mengajar di MIM PK Kartasura. Email: arif_love_cinta@yahoo.co.id

Satu tanggapan untuk “Selebriti dan Edukasi Anti Narkoba

  • Avatar
    7 Januari 2018 pada 6:45 pm
    Permalink

    Mantapss..tulisanya selalu menginspitasi

Komentar ditutup.