Toba Sastrawan Manik


TOBA SASTRAWAN MANIK
, lahir di Matanari Sumatera Utara. Sarjana Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Negeri Medan ini, sejak mahasiswa telah aktif menjadi penulis di berbagai media massa. Jenis tulisan cukup beragam mulai dari artikel opini, puisi, cerpen atau catatan perjalanan.

Tulisan-tulisannya sering dimuat di koran lokal Sumatera Utara seperti Harian Analisa, Harian Waspada dan Harian Medan Bisnis. Di luar Sumatera pernah dimuat di Radar Surabaya, Lampung Post, Pontianak Post, dan Galamedia Bandung. Tema-tema tulisan yang dimuat biasanya lebih pada tema politik, hokum, dan pendidikan.

Toba, pernah bergabung di Ikatan Penulis Muda(I-Pena) PPKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan dan pernah menjadi pimpinan umum majalah Pena dari 2013-2014. Ia juga aktif Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Dompet Duafa Volunteer (DDV).

Pernah mengampu Guru Mata Pelajaran PPKn di SMA Swasta Shafiyyatul Amaliyyah Medan selama 1 Tahun, sebelumnya akhirnya memutuskan mengikuti beasiswa LPDP 2017 dan lulus. Saat ini tengah mengikuti Pengayaan Bahasa LPDP di Bandung dan ingin melanjutkan S2 pada jurusan yang sama di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat.