Zaenal Abidin el-Jambey


ZAENAL ABIDIN EL-JAMBEY
, lahir di Tuban, Jawa Timur. Setelah   lulus   dari   MA   (Madrasah   Aliyah) Islamiyah Tuban tahun 2008, dia melanjutkan belajarnya ke PeNUS MTI (Pesantren Nusantara Ma’had TeeBee) Surabaya dengan program HBQC (Human Boarding Quantum and Competency) dengan menekuni bidang kitab-kitab kuning (kitab-kitab klasik), jurnalistik dan tulis-menulis dibawah bimbingan langsung gurunya, Romo Miftahul Luthfi Muhammad al-Mutawakkil.

Pada tahun 2010 penulis melanjutkan pendidikan formalnya atas arahan   gurunya   di   UIN   Sunan   Ampel   Surabaya   dengan   mengambil jurusan Sejarah dan Peradaban Islam sampai lulus tahun 2014. Selama di pesantren dan kuliah, penulis aktif menjadi kru Majalah MAYAra dan juga pimred Buletin Lembar Jum’at Nasional al-Fath.

Tulisan-tulisannya   baik itu   opini,  esai,  cerpen, puisi  dan resensi yang berkenaan dengan keislaman bisa dijumpai di Majalah MAYAra dan Lembar Jum’at Nasional al-Fath. Sementara beberapa tulisan opininya pernah dimuat di Harian Duta Masyarakat dan juga Sinar Harapan.

Sampai saat ini selain masih aktif berdakwah lewat khutbah dan ceramah-ceramah,   menjadi   kru   majalah   MAYAra,   penulis   juga   aktif mengajar di Pesantren dan di SDN Kapasan V Surabaya. Selain itu di tengah kesibukan   mengajar,   penulis   juga   merintis   rumah   baca   Zein Pustaka. Beberapa karyanya telah diterbitkan dan dalam proses penerbitan.

Di antara bukunya yang sudah terbit adalah Mengetuk Nurani Membuka Hati, Manusia Mulia: di Dunia Sejahtera di Akhirat Bahagia, Adab Keseharian Anak Muslim, serta buku islami lainnya yang sedang dalam proses terbit.